Rahasia Sukses Membina Keluarga Sakinah

Keluarga adalah tiang negara. Makin harmonis sebuah keluarga, makin besar kontribusinya bagi kemaslahatan kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam konteks Islami, kita mengenal istilah keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah. Dalam setiap doa, dalam setiap pengharapan, cintra keluarga ideal seperti itulah yang didamba.

Tak terkecuali bagi H. Buyar Winarso, SE, sang kandidat bupati Kebumen 2010 – 2015. Baginya, keluarga adalah kunci sukses. Belum sukses seseorang, jika tidak sukses membina rumah tangganya. Sebaliknya, sukses membina keluarga, adalah jaminan mutlak bagi sukses-sukses yang lain.

Denga prinsip itulah, ia meletakkan pondasi pembinaan keluarga dengan satu kata “komunikasi”. Tidak ada satu hari pun yang ia lewatkan tanpa berkomunikasi dengan sang istri, Ninik Yuliani, atau dengan ketiga anaknya: Damillah, Wininda, dan Teges Widiyarto. “Terlebih beberapa bulan terakhir, saya intens berada di Kebumen terkait persiapan pencalonan saya sebagai Bupati Kebumen. Sementara, istri dan anak-anak masih di Jakarta. Kendala jarak, bisa teratasi dengan telepon atau chatting via internet,” ujarnya.

Karenanya, ia bersyukur ketika musim liburan lalu, istri dan ketiga anaknya menghabiskan waktu di Kebumen. Tinggal di rumah keluarga di Wonokromo, Alian yang asri. Keberadaan mereka menjadi penyemangat tersendiri. Juga dalam beberapa kesempatan penting, seperti saat deklarasi 16 Januari 2010 lalu, istri dan satu anaknya juga datang ke Kebumen, mendampingi.

Jangan sampai terjadi, dalam satu hari sebuah keluarga bisa tidak terjadi komunikasi, tidak ada tegur sapa. Ini keliru. Sekalipun sebentar, usahakan selalu ada komunikasi. Tidak akan pernah kering topik pembicaraan kita dengan keluarga. “Dengan istri, tidak pernah tidak ada topik obrolan. Dengan anak, begitu juga. Anak yang satu dengan anak yang lain, memiliki topik obrolan yang berbeda. Dengan berkomunkasi, kita tidak saja dekat secara emosional, tetapi juga mengetahui setiap detil perkembangan di keluarga kita,” papar ayah tiga anak ini.

Konsep menjalin komunikasi dengan keluarga itulah yang akan ia tularkan dan aplikasikan dalam tataran kehidupan sehari-hari. “Berkomunikasi itu penting. Dengan komunikasi kita bisa mengetahui masalah, sekaligus mencari solusinya. Tak terkecuali jika saya diberi mandat memimpin Kabupaten Kebumen. Bangunan komunikasi akan saya bangun dengan sekokoh-kokohnya,” tekad Buyar Winarso.

Karenanya, ia sudah mengadengakan acara “minum teh pagi bersama” di pendopo, yang melibatkan berbagai elemen masyarakat. Bukan hanya itu, Buyar Winarso juga akan turun ke desa-desa, berkomunikasi langsung dengan warganya. “Saya ini bukan tipe pemimpin di belakang meja. Saya ini pekerja, tukang kerja, tukang jalan…. Insya Allah saya akan terus menyapa warga untuk menyerap aspirasi paling mendasar dari rakyat Kebumen, langsung dari mulut rakyat. Setelah itu baru di-cross check dengan data di Pemda. Jika ada masalah, kita carikan solusinya,” katanya.

Ditambahkan, semangatnya kembali ke daerah kelahiran, mutlak mengabdi bagi kepentingan rakyat. “Semangat saya adalah semangat mengurangi masalah yang ada di Kebumen… bukan menambah masalah,” tandas Buyar Winarso, sang walet emas. (pen)

2 responses to “Rahasia Sukses Membina Keluarga Sakinah

  1. smangat mengurangi masalah..bagus banget pak…,terutama masalah2 yg langsung di masyarakt…fakta , kebumen masih tertinggal dgn daerah lain…,dgn kehadiran bapak ,menyegarkan kami yg selama ini menduga “itu itu saja yg akan maju”…..

  2. semangat memang tak boleh padam tapi dukungan keluarga dan teman yang mau berjuang tanpa ada kepentingan pribadi akan lebih bermanfaat, karena sekarang jaman terbuka sudah tak ada KKN dan Nepotisme. Mari berjuang untuk kita semua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s