Jembatan Rel KA Panjatan Terancam Amblas

Banjir yang menerjang sebagian Desa Panjatan, Kecamatan Karanganyar mengakibatkan tanggul sungai jebol. Jebolnya tanggul akibat luapan banjir tersebut, bahkan mengakibatkan abrasi di dinding bantalan rel kereta api. Masyarakat setempat, selain prihatin akibat dampak banjir beberapa hari lalu, masyarakat juga mencemaskan amblasnya tanah yang menyangga jembatan rel KA di Panjatan.

Keprihatinan itu dinyatakan calon bupati Kebumen, H. Buyar Winarso, SE saat Selasa (9/3) siang kemarin melihat dari dekat lokasi jebolnya tanggul. Buyar menyatakan, pemerintah daerah Kabupaten Kebumen tidak boleh tinggal diam melihat fenomena alam tersebut. “Pemda sudah seharusnya segera melakukan koordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia Daop Purwokerto. Sebab, sekali lagi sungai meluap dan mengikis dinding jembatan rel KA, sungguh sangat berbahaya,” ujar Buyar Winarso.

Pemda sendiri dalam membuat tanggul, tidak dalam posisi yang bersalah. Sebab, lokasi yang jebol sepanjang kurang lebih 20 meter, memang merupakan lahan milik PT KAI. Nah, karena bendungan semi permanen itu terbilang rapuh, maka tidak heran jika saat banjir meluap, jebol dan “menenggelamkan” permukiman warga setempat.

Usai meninjau lokasi tanggul yang jebol, Buyar juga mendatangi masyarakat korban banjir. Kepada warga setempat Buyar menanyakan Ketua RW untuk mencacah jumlah warga yang menjadi korban banjir. Tunggu ditunggu Ketua RW tidak juga datang, hingga akhirnya seseorang membisikkan keterangan ke telinga Buyar, “Maaf pak Buyar, pak RW tidak mau datang, katanya karena dia tim sukses calon bupati yang lain,” ujar warga setempat sambil menyebut nama kandidat bupati lain.

Buyar spontan menyahut, “Masya Allah… ini soal kemanusiaan, kenapa dicampur aduk dengan masalah Pilkada? Saya kan hanya mau bertanya tentang jumlah warga RW yang terkena musibah, bukan mencari tim sukses. Baiklah, sumbangan ini mohon disaksikan, saya serahkan kepada perwakilan warga, untuk diteruskan kepada masyarakat. Jangan dilihat jumlahnya… ini hanya wujud keprihatinan saya,” ujar Buyar. Kemudian kepada dua warga yang rumahnya amblas diterjang banjir, Buyar juga memberikan bantuan secara khusus. (nyk)

4 responses to “Jembatan Rel KA Panjatan Terancam Amblas

  1. begawan piwales

    pak, Secara kebetulan saya melihat ke blog bapak. Mohon berkenan mengubungi saya via email. Penting pak. Maturnuwun sanget

  2. Bapak,…saya sangat suprise melihat blog ini, ternyata aktivitas bapak sangat banyak. Tapi buat saya, ini adalah hal yang tidak perlu diragukan lagi karena Bapak memang terbiasa terjun langsung dalam melihat dan menangani suatu masalah. Saya turut berdoa semoga Kebumen dapat membangun ke arah yang lebih baik dibawah kepemimpinan Bapak. Semoga Bapak senantiasa diberikan kesehatan, kelancaran dan keberkahan dalam melaksanakan aktivitas. Amiinn…

  3. mamo cemani gombong

    He..he…he….he… maaf pak Buyar mas Begawan minta di hubungi ktanya penting. klo aku komentar sih semoga pak Buyar tetap istiqomah seperti sekarang ini …… biasanya calon yang dah jadi lupa rasa kemanusiaan dengan dalih , sibuk lah, skala prioritas lah, dirapatkan dulu lah , buat tim investigasi lah…..jd kesannya lamban n bertele-tele. semoga pak Buyar tidak lah…..

  4. maju terus pak buyar kami siap mendukung bapak.nanti kalo jadi bupati jangan lupa janji saat kampanye.hidup pak buyar hidup bu djuwarni guruku di smpn 2 gombong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s