Spekulasi Pilkada Dua Putaran

Pemilu Kada Kabupaten Kebumen yang digelar 11 April 2010 kemarin, berujung pada sebuah spekulasi terjadinya “pertarungan” dua babak. Pada putaran pertama, diperkirakan tidak satu pun pasangan calon (paslon) yang berhasil meraih perolehan suara di atas 30 persen. Dan sesuai ketentuan, maka dua paslon teratas yang berhak maju ke putaran kedua.

Sesuai jadwal KPU, jika putaran kedua itu berlangsung, maka akan dilaksanakan pada hari Minggu, 6 Juni 2010. Itu artinya, ada jeda waktu sekitar dua bulan, untuk kembali memulai segala proses administrasi, pencetakan kartu suara, masa kampanye, hari tenang, dan pemungutan suara.

Mencermati hasil sementara, paslon Buyar Winarso – Djuwarni meraih suara terbesar dengan kisaran 29,05 persen. Itu artinya, hanya kurang 0,6 persen saja untuk memenangkan Pilkada satu putaran. Sedangkan urutan kedua ditempati paslon incumbent, Nashiruddin – Probo dengan perolehan suara sekitar 27 persen. Sedangkan, paslon di uturan ketiga adalah Poniman – Afifah dengan perolehan suara sekitar 23 persen, disusul pada urutan terakhir paslon Rustriyanto – Rini dengan raupan suara sekitar 21 persen.

Hal lain yang bisa kita cermati dari hasil Pemilu Kada tersebut adalah, adanya sebuah angin politik di masyarakat Kabupaten Kebumen bahwa rakyat pada umumnya menghendaki adanya “perubahan”. Dengan kata lain, ada isyarat rakyat Kebumen tidak lagi setuju dengan jargon “lanjutkan”.  (bt)

10 responses to “Spekulasi Pilkada Dua Putaran

  1. Setuju…angin segar yang membawa perubahan demi kemajuan Kebumen untuk hidup yang lebih baik. Sebuah pencitraan akan hadirnya perubahan tersebut semoga tidak menjadi wacana…dan sebuah janji mengiringi tekad…mewujudkan realita

  2. Kalau bisa satu putaran kenapa harus dua kali?
    kan buang biaya waktu dan tenaga. Kapan mulai membangunnya. Kawal terus perhitungan suara semoga pemilukada Kebumen bisa satu putaran dan Kebumen dapatkan pemimpin yang baru agar dapat membangun Kebumen yang lebih adil, makmur dan sejahtera.

  3. Menyikapai kemungkinan pilkada 2 putaran, ini adalah suatu hal yang bisa terjadi dalam dunia politik.
    Namun ada beberapa hal yang perlu dicermati, antara lain :
    1. Apakah tidak menghambur-hamburkan uang. Contoh saja, saya coba kalkulasi untuk biaya operasional 1 TPS kurang lebih 2 juta. Sedangkan jumlah TPS seluruhnya 2070 TPS, berarti untuk operasional TPS saja membutuhkan dana kurang lebih 2 milliar, belum untuk kecamatan dan lainnya.
    2. Ada perubahan dalam pemutakhiran jiwa pemilih. Dalam artian kemungkinan jumlah pemilih akan bertambah atau berkurang, berarti harus ada survey jumlah pemilih baru dan lama. Ini juga membutuhkan dana yang tidak kecil.
    3. Adanya pencetakan surat suara dan kelengkapannya. Ini juga butuh dana banyak.
    4. Apakah tidak akan menghambat perekonomian kabupaten kebuman?karena 1 hari perputaran uang mandek, maka sudah berapa milliar kerugian yang terjadi untuk perekonomian kebumen. Karena masyarakat masih fokus pada pilkada.

    Kesimpulannya untuk pilkada mendatang janganlah mematok 30%. tetapi jumlah suara terbanyak. Syukur hal ini diterapkan pada pilkada sekarang, kalau bisa…….???

  4. Ralat salah ketik. bukan 2 milliar tapi Rp 4140.000000

  5. mamo cemani gombong

    pak Buyar n bu Djuwarni………sejarah tiap2 pimpinan terpilih BIASAnya agak lupa dgn jasa2 orang dekat yg tulus iklas membantu…. ini BIASAnya juga karena banyaknya pahlawan kesiangan yang mendekat yang BIASAnya mereka menempel minta job /proyek dgn pamer jasa menurut versi mereka . pesan saya pak Buyar n bu Djuwarni janganlah anda menggunakan keBIASAan keBIASAan pemimpin sebelumnya ….( dgn asumsi anda terpilih) dgn tidak mendahului kehendak Alloh.

  6. Selamat, selamat dan selamat………..atas kemenangan ini, sekali lagi selamat kepada pak Buyar dan ibu Djuwarni……….. kalu memang benar besuk harapan bapak mau merubah kebumen secara manajemennya baik di pemerintahan maupun secara ekonominya, maka saya hanya bisa berharap agar yang berbau merah-merah agar segera dibuyarkan dengan tatanan buyarnya bapak Buyar Winarso,SE.
    Insyaallah pasti Kebumen lebih maju lagi……

  7. Alhamdulillah, Pemilu Pilkada di Kebumen Aman. Smg untuk putaran kedua aman juga. Pak Buyar jadi Bupatinya. Ingat Pendidikan di Kebumen harus ditingkatkan!!!! Guru-guru yang ada harus diperhatikan Kesejahteraannya, terutama guru SWASTA. Ingat pak Buyar……

  8. mamo cemani gombong

    buat iskandar ; setuju banget komennya . yang harus besar hati calon yang suaranya kalah dng calon lain . 2 putaran = boros, nyita waktu, merugikan waktu masyarakat……………wis pokoke ora maen lah walaupun itu mekanismenya.coba bayangkan kalau SEANDAINYA calon yang satunya punya pemikiran ” ok bung calon …nyong nyerah lah ora usah 2 putaran pilihan wingi wis cukup aku ngaku kalah suara “………….berapa uang pemda kebumen yang nggak jadi terpakai ? ini baru PAHLAWAN ……tapi APA MUNGKIN ya ??? kan enak jadi BUPATI mboooooook ??????

  9. mamo cemani gombong

    assalamuallaikum…….pak Buyar …ini ada teman dari kebumen mas Amin preman stasiun . ada pesan tolong diikut sertakan dalam mendukung anda .putaran kemarin kok gak ada akses ke mas Amin ? mas Amin kan juga punya basis masa . no hp mas Amin 087737735365. silahkan di kontek thanks

  10. wah, seharusnya tidak hanya berupa blog gratisan. pake domain berbayar dong biar kelihatan lebih elit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s